Nge-Blog ala Kang Yunan

Icon

Kehidupan, IT, Teknologi Informasi, Gosip, Film, Artis, Budi Anduk, Sosial, Komunitas, Pemerintahan, Rumah Tangga, Masyarakat, Kuliner, Makanan, New Idea, Sport, Olahraga, Liputan, Ulasan, Renungan, Agama, Islam

Sistem KTP Siak di Batam

Batam, sebagai kota yang perkembangan penduduknya sangat pesat, hampir setiap tahun penambahan penduduk mencapai 200 ribu jiwa. Dan kebanyakan dari itu adalah migran dari daerah lain. Sehingga pemerintah daerah harus menyiapkan perangkat yang baik untuk membackupnya.

Pendataan penduduk ditandai dengan adanya Kartu Tanda Penduduk, dan setiap kabupaten/kota mempunyai kesamaan program, yaitu SIAK Sistem Informasi Administrasi Kependudukan, aplikasi ini adalah Amanat Undang – Undang Kependudukan.

Dan kesan birokrasi di lapisan masyarakat sampai sekarang adalah ribet, rumit, banyak meja, nunggu lama, suap dll. Maklum, bidang ini memang patut direvolusi. Tetapi Batam mencoba untuk mengurai benang kusut kesemrawutan birokrasi KTP ini. Dibawahi Pak Ria Saptarika, sementara ini KTP SIAK banyak perubahan, baik dari perubahan system SIAK, dengan menghadirkan software developer untuk merubah alur proses dalam software SIAK, backup dan support team terpadu, dan isu di mass media yang gencar menyoroti issue ini.

Sehingga perubahan siknifiganpun didapatkan. Saya masih ingat ketika waktu pengurusan KK dan KTP lebih dari satu bulan lebih. Bayangkan? Begitu panjang dan lamanya. Dan Alhamdulillah sekarang sudah mendekati 14 hari. Dan dilengkapi program monitoring proses KTP yang ditampilkan di Internet, membuat warga bisa melihat sampai mana proses KTPnya sekarang, tidak usah harap-harap cemas dan setiap hari menanyakan ke petugas kecamatan.

Sungguh improvement ini dibutuhkan oleh rakyat dari pemerintah, revolusi birokrasi memendekkan prosedur yang sebenarnya pendek.

Sistem KTP Siak ini patut diterapkan untuk sistem sistem yang lain, misalkan Perijinan, Pertanahan. Karena orang sudah tidak jamannya lagi lama dan njliment.

Gambar dari http://www.dprd-kepriprov.go.id

Filed under: Batam, Opinion, , , , , , , , , , ,

One Response

  1. Elis Romala says:

    saya ingin bertanya tentang pembuatan KTP SIAK di batam ini say sudah mengurus surat pindah kependudukan di sumatera selatan tapi disana saya di persulit, kalau memang di batam tidak rumit bisa ga surat keterangan domisili setempat saja untuk membuat ktp? tks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: