Nge-Blog ala Kang Yunan

Icon

Kehidupan, IT, Teknologi Informasi, Gosip, Film, Artis, Budi Anduk, Sosial, Komunitas, Pemerintahan, Rumah Tangga, Masyarakat, Kuliner, Makanan, New Idea, Sport, Olahraga, Liputan, Ulasan, Renungan, Agama, Islam

Renovasi, Jangan asal-asalan

Anda punya rencana renovasi rumah anda, baik taman, dapur maupun bagian rumah manapun, anda harus mempersiapkan banyak hal.

Rumah adalah tempat tinggal anda dan setiap hari semua anggota keluarga akan berhadapan dengan rumah kita, sehingga jika ada kekurangan maka akan menimbulkan kesan kurang puas dan tidak nyaman.

Beberapa minggu lalu saya merenovasi rumah baru saya, Alhamdulillah 16 hari selesai dikerjakan 2 orang.

Berikut ini hal-hal yang kudu disiapin si empunya rumah :

  1. Tukang, ini adalah faktor paling penting, sebagaimana seorang pelukis, profesionalisme seorang tukang harus dibuktikan dengan hasil kerjaanya sebelumnya. Kemarin, saya mensurvei 3 group tukang, berikut detail dari masing-masing group tukang.
    1. Tukang 1, harga jasa dan bahan bangunan terpisah, hasil kerja bagus, butuh waktu 3 mingguan, jumlah orang kerja 2-3 orang dan biaya sekitar 30 juta = jasa + bahan bangunannya. Jasa dia ambil 6 jutaan. Analisa : Hasil bagus, lama kerjannya, trus boros, ngapain banyak banget sampek 30 juta.
    2. Tukang 2 : ini kenal dari tetangga saya, hasil kerjanya bagus dan kita dikasih list barang apa saja yang kudu dibeli, kita dialog apa saja yang akan dia kerjakan. Sehingga dia bisa hitung biaya jaya yang kita bayarkan. Setelah dihitung, ternyata mahal juga, 6 – 6.5 juta. Wiks. Trus harga bahan bangunan sekitar 4jutaan.
    3. Tukang 3 : lha ini tukang kenal ketika serah terima developer. Dia group tukang dari Kudus dan memiliki proyek yang banyak dan gedhe. Dari dia, aq jadi terbuka bahwa biaya jasa tukang tidaklah besar, dibanding no 1 dan 2. Hitung-hitungan dia, jasa 4 juta dan bangunan 4 – 5 juta. Akhirnya kupilih yang ini.
  2. Budget yang disiapkan, Yup, anda harus punya pandangan yang jelas, mau membangun apa? dan pakai bahan bangunan apa? karena jika nggak jelas maka jumlah duit yang anda siapin juga tidak jelas juga. Sebelumnya anda bagusnya melakukan survey harga-harga barang.
  3. Bahan Bangunan, Kualitas bahan banyak di pasaran, kalau istilah orang cina, mau bagus atau biasa aja? Hehe otomatis yang bagus lebih mahal sama yang biasa aja. Kemudian detail bahan material, seperti warna, cacat dan nggaknya, dll.
  4. Toko Bahan Bangunan, Yang ini juga mempengaruhi lho, bisa saja ada selisih harga antar toko bangunan.

Filed under: Batam, Personal, , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: