Nge-Blog ala Kang Yunan

Icon

Kehidupan, IT, Teknologi Informasi, Gosip, Film, Artis, Budi Anduk, Sosial, Komunitas, Pemerintahan, Rumah Tangga, Masyarakat, Kuliner, Makanan, New Idea, Sport, Olahraga, Liputan, Ulasan, Renungan, Agama, Islam

Software Rental CD, Hacked

kejadian ini mungkin udah lama, tapi gak salah kalau dibahas lagi, gak ada salahnya untuk kita yang awair tentang keamanan aplikasi kita. Ya waktu itu pengen nonton n maka dari itu pinjem di rental CD di ruko sebelah kampung gebang, namanya Unicorn Rental. Anak ITS pasti tau.

Kebetulan di sana ada sebuah software yang disediakan untuk customer untuk mencari katalog dan status CD/VCD  yang ada di Gudang. Ya namanya iseng2 aja. kebetulan aku ada username dan password kucuba kumasukkan ok running well.

Tapi ketika aku logout dan login lagi dengan menggunakan username ada tanda petik satu (‘) (memang pas waktu itu sempet belajar hack dari jasakom dan lagi santer isu hacker dari KPU, terima kasih jasakom), aplikasi itu error dan keluar. Wah ini ni aplikasi Rental CD bisa dihack. Namun karena saya masih takut akan hal2 yang tidak diinginkan, jadi niat untuk mengeledah lebih dalam urung kulakuin.

Tapi pelajaran yang bisa diambil untuk kita2, para developer atau pemilik aplikasi untuk selalu awair dengan keamanan sebuah aplikasi, apa gunanya kita capek2 buat dan mahal2 beli software, tapi  bisa diobrak abrik ama orang lain.

Filed under: Opinion, , , ,

Leave a comment