Nge-Blog ala Kang Yunan

Icon

Kehidupan, IT, Teknologi Informasi, Gosip, Film, Artis, Budi Anduk, Sosial, Komunitas, Pemerintahan, Rumah Tangga, Masyarakat, Kuliner, Makanan, New Idea, Sport, Olahraga, Liputan, Ulasan, Renungan, Agama, Islam

Web, WAP, SMS and Fax Integrated System

Para pembaca blog yang setia, kali ini saya ketengahkan tema tentang Tugas Akhir saya yang mengantarkan Younan Setya menjadi wisudawan Teknik Informatika ITS Tahun 2006. Tema yang saya ambil adalah Integrasi aplikasi dengan beberapa media teknologi : Web, WAP, SMS dan Faksimile dengan studi kasus implementasi Perhitungan dan Rekapitulasi Hasil suara pada Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Mojokerto.

Berikut spesifikasi yang saya pergunakan :

  • Web : PHP, programnya dulu saya download dari http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html, Saya install seperti biasa, tidak ada setting apapun.
  • WAP : Microsoft Visual Studio .NET 2003, pakek bahasa pemrograman ASP VB.NET untuk mobile application.
  • SMS : SMS Gateway, Microsoft Visual Studio .NET 2003 ,pakek bahasa pemrograman VB.NET untuk dekstop application. GSM yang saya pakai HP Nokia 5110 (HP murah 200an ribu) dengan koneksi kabel serial, Komponen SMSnya lupa donwload dari mana (dah gak pernah lagi develop SMS App lagi, tapi masih pengen).
  • Faksimile : Pakek Microsoft Visual Studio .NET 2003, bahasa programmnya C# untuk desktop app. FaxModem bermerek (lupa mereknya).

Bisnis prosesnya adalah sebagai berikut :

  • Semua media bisa menjadi sistem entri ke dalam sistem rekapitulasi, Web saya sediakan form entri, begitu juga WAP sedangkan SMS saya sediakan SMS Gateway untuk mengambil nilai. Dan untuk Fax saya sediakan Fax Server untuk bisa mengambil Fax yang dikirimkan.
  • Input, Parsing dan save, mungkin itu bisnis dan proses yang terbanyak di sistem saya, Parsing apakah sesuai dengan format yang ditentukan, jika OK data akan disimpan di dalam database.
  • Media Informasi, semua media juga bisa melayani informasi jika ada request (kecuali media Fax, server applikasi ini tidak ada menu request informasi).

Kapan-kapan kalau CDnya ketemu saya akan share programnya.

Filed under: Database, Internet, Mobile Device, Opinion, Programming, , , , , , , ,

One Response

  1. riko says:

    alo om, nanya nih. kalo ngirim fax lewat web kira2 yang diperlukan apa aja yah, yang kayak model layanan interfax.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: