Nge-Blog ala Kang Yunan

Icon

Kehidupan, IT, Teknologi Informasi, Gosip, Film, Artis, Budi Anduk, Sosial, Komunitas, Pemerintahan, Rumah Tangga, Masyarakat, Kuliner, Makanan, New Idea, Sport, Olahraga, Liputan, Ulasan, Renungan, Agama, Islam

Inventory System (story)

Sebenernya nggak diprediksi dari awal, project inventory ini molor sampai sekarang, masih inget banget tanggal 3 October 2007 menerima telepon dari temen lama dari jakarta. Menawarkan project kecil2an, membuat Sistem Inventory Gudang. Simple dan sederhana kedengarannya dari hasil pembicaraan via handphone kami. Hehehe, biasa orang lagi mencari proyek dan lagi semangat coding.

Seminggu kucoba melakukan design dengan analisa dan requirement seadaanya dari temen. Dengan anggapan memang itu mudah banget. Dengan berpegangan kata2 dia, “selanjutnya akan ada modul yang integreted dengan software ini”, maka kucoba untuk mendesign dengan menganalisa beberapa aspek dari transaksi gudang. Proses keluar masuk barang secara dinamis dan laporan yang dihasilkan.

Ternyata kata2 temen tidak sama dengan kata2 client, “modar”🙂 , sempet lebaran nggak nyenyak karena harus menyelesaikan beberapa proses yang tidak sesuai dan masih error. Dan memang komunikasi developer dengan client harus jelas dan didokumentasikan (seharusnya ada tanda tangannya), jadi gak bisa beruba dan minta2 lagi.

Serah terima apa yang dibutuhkan dan apa yang sudah dikerjakan harus disetujui kedua belah pihak.

Tapi memang lumayanlah buat refresh ilmu codingku yang sudah menghilang.

Filed under: Internet, Open Source, Opinion, Programming

10 Responses

  1. onit says:

    mas/ mbak/ saudara…..

    boleh minta tolong gak ya?
    aku juga sdang buat sitem inventory gudang, untuk kantor ku. tapi karena aku masih newbie dan belajar otodidak, otak ku sekarang macet….. boleh aku minta contoh-contoh script tentang sistem inventorynya dan yang paling penting adalah penjelasan atas script tersebut….?

    trimakasih

  2. Saya lagi buat softcopy buku dan InsyaALLAH akan diterbitkan jadi Buku.
    Juga sebulan kedepan mau mbuat open source program gudang. Mohon tunggu ya, sabar ya.

  3. tari says:

    qu mau minta tolong nie..
    sekarang qu lagi buat PI tentang sistem inventory…tp masih bingung nie…bisa minta scriptnya gak???
    help me please…
    thx b4 y ^-^

  4. Kok gitu ya
    pada sukanya minta scriptnya
    Tapi OK, memang semua orang pada berfikir, kenapa harus ngoding dr awal sedangkan opensource banyak bertebaran.
    Tapi untuk memenuhi requestnya tari, mungkin saya butuh beberapa hari kedepan.
    Sekalian akan saya buat dokumentasi di sebuah buku.

  5. ocha says:

    sy mau bikin skrisi pergudangan bantuin ya

  6. senoari says:

    boleh dong bagi2 pengalamannya di warehousing system, gw lg dpt pnggilan kerja buat di warehouse management, kali gw bisa cerita kasus2 gudang ke loe orang, dan bisa tukar2 pengalaman, paling gak saling nambah wawasan kita.. ok deh see you..

  7. YULI says:

    pengelola yang terhormat,

    sebagai seorang newbie aku juga memiliki masalah terhadap permasalahan tersebut. aku ingin membuat data base sederhana menggunakan mysql + php dan apache untuk pembuatan inventory tersebut. akan tetapi dasar newbie yach.. belon gitu ngerti.. jadi kalau memang ada source maupun skripnya tolong saya meminta hal tersebut.

    tolong di kirim ke email diatas atau link downloadnya. makasih

  8. Aji says:

    Halo… Boleh tau gambaran projectnya ga spt apa? Maksud ku requirements usernya spt apa aja, brp lama waktu pengerjaannya dan s/w apa aja yg diperlukan.

    Dalam waktu dkt ada rencana kantor ku akan membuat sistem data warehouse untuk inventory gudang dan kemungkinan aku yang akan buat. Jika bisa, boleh aku minta gambaran Flowchart, DFD dan ERD nya? Btw data warehouse yang kamu buat utk ROLAP, MOLAP atau Hybrid? Boleh liat tidak? Aku ga minta source dari program/script kamu, tapi hanya schema, analysis dan designnya aja.

    Trims banget kalo kamu mau sharing. Kalo kamu bth bantuan aku akan sangat usahakan untuk bantu kamu.

    Thanks,
    Aji

  9. YULI says:

    gini aku butuh program sederhana untuk keperluanku. aku hanya butuh barang masuk, barang keluar, sisa barang yang masih diorder tapi aku ngga` bisa-bisa. hiiiks..

  10. gozil bin maun says:

    tolong bos, aye lg ngbikin tugas akhir inventori..
    boleh menta programnye kaga..?
    eni nih imel ane
    reborn_siege@yahoo.com
    ==
    Waduh mas
    Program saya sudah kehapus ketika harddisk saya jebol.
    Gimana dong. Gak ada back up lagi.
    Pengen mbantu sampean, tapi saya juga kena musibah

    Keep fight ya !!

Leave a Reply

