Nge-Blog ala Kang Yunan

Icon

Kehidupan, IT, Teknologi Informasi, Gosip, Film, Artis, Budi Anduk, Sosial, Komunitas, Pemerintahan, Rumah Tangga, Masyarakat, Kuliner, Makanan, New Idea, Sport, Olahraga, Liputan, Ulasan, Renungan, Agama, Islam

Jalan Rusak di Batam, Siapa yang untung dan yang rugi

Jalan rusak, berlobang dan jalan becek dan banjir. Koran regional batam setiap hari tidak henti-hentinya menyoroti masalah ini ke permukaan. Setiap hari ada saja jalan dan daerah baru jalannya rusak dan berlobang. Tetapi belum ada tanggapan yang siknifikan dari institusi yang berwenang, dalam hal ini adalah pemerintah daerah batam dan dinas pekerjaan umum atau dinas perhubungan.

Dengan kondisi ini pasti banyak pihak yang dirugikan,

  1. Pengguna jalan, baik motor atau mobil pasti tersiksa dengan media jalan yang rusak, mengendarai kendaraan menjadi tidak nyaman,bisa menyebabkan kecelakaan dan pasti kendaraan mudah rusak.
  2. Investor dan Company owner, mungkin jumlah orang di sini tidak begitu banyak, tapi kerugian mereka bisa jadi lebih gedhe, bayangkan kerusakan barang, kerusakan kendaraan dan waktu perjalanan yang semakin panjang.
  3. Pemerintah sendiri, ini yang menarik, pemerintah daerah biasanya mereka tidak peduli dengan keadaan jalan, dan sepintas lalu aja, Jalan rusak ya mbangun lagi, proyek lagi, duit lagi. Tapi itulah bodohnya pemerintahan kita. Mereka tidak bisa memiliki aset yang berharga yang bisa melayani dan mensejahterakan rakyat banyak. Popularitas mereka pasti turun dan kepercayaan rakyat pasti drop.
  4. Pasti orang-orang yang hidup disekitar jalan itu, para penumpang kendaraan, pekerja dan lain2. Dia pasti pernah mengumpat gara-gara jalan rusak, jadi macet dan seterusnya.

Tetapi akan menjadi menarik jika kita analisa siapa saja yang untung di dalam masalah ini.

  1. Pejabat korup, wah ini ma pasti, dia pasti diuntungkan, dengan banyaknya proyek, banyak pula pemasukan dia, lawong dia kaya dari makelar proyek. Kayaknua di Batam masih banyak manusia -manusia seperti ini. Jaringan yang kuat anatara Pemko, DPRD, Kejaksaan, Pengadilan dan Kepolisian. Pak pejabat, please de, sadar po’o.
  2. Developer Nakal, Salah satu jaringan lingkarang setan sebagai pelaksana proyek. Dia akan mengerjakan apa yang ada di prosedu, tapi tidak ikutnya standart mutu yang baik dalam pengerjaan proyek, karena pejabat mutu di pemda yang korup.
  3. Bengkel motor n mobil, jalan rusak adalah berkah para bengkel kendaraan, berapa banyak motor dan mobil yang rusak akan menghasilkan duit, dan ini bukan main, sekarang brapa banyak jumlah bengkel buka bisnis.
  4. Tukang tambal ban, ini juga gara2 jalanya banyak paku n besi, tukang tambal ban bisa menghidupi keluarga dan menyekolahkan anaknya.

Tapi pada intinya, mari kita membangun dengan baik.

Filed under: Opinion

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: