Nge-Blog ala Kang Yunan

Icon

Kehidupan, IT, Teknologi Informasi, Gosip, Film, Artis, Budi Anduk, Sosial, Komunitas, Pemerintahan, Rumah Tangga, Masyarakat, Kuliner, Makanan, New Idea, Sport, Olahraga, Liputan, Ulasan, Renungan, Agama, Islam

Sea Games 2007 Thailand, IT Info center and Target Indonesia

Selamat kepada team Indonesia, perkiraan perolehan medali Indonesia tidak akan terkejar team di bawahnya. Tapi masih kalah salam malaysia. Tapi OK lah, target terpenuhi dan selamat kepada team dan official yang telah bekerja keras.

Setiap jam saya selalu online di situs http://www.2007seagames.com/, di sini lumayan informatif data yang bisa dilihat. update perolehan medali sangat uptodate. Dan laporan dari beberapa lapangan pertandingan tersaji langsung secara langsung. Sampai – sampai, ada sebuah page yang menampilkan detail nilai yang sekarang berlangsung di lapangan. Misal di pertandingan bola volly, kedudukan sementara selalu terpampang di halaman itu, dengan akses internet yang cepet.

Tapi kesan pertama setelah membuka situs ini adalah bingung, ya bingung lawong bahasanya Thailand dulu, navigasi menu yang gak bagus dan pemilihan lokasi dan gambar yang kurang sesuai dengan tema.

Tapi luar biasa Bagus uptodate kekinian data dilapangan. Setelah saya check,file-file yang disimpan di dalam webserver berformat HTM file, file statis. Kemungkinan system yang dibuat adalah sebagai berikut :

  • Di setiap lapangan ada page untuk update data (termasuk score, hasil akhir dll) ke database center.
  • Ada database backup atau replikasi ke database lain.
  • Ada system yang dibuat untuk mengenerate file HTM yang akan diprovid ke webserver, dengan mengambil parameter informasi yang dibutuhkan. System ini sebenernya bukan realtime, tapihanya bersifat semi online. ada scheduler tertentu setiap berapa menit atau detik skali, file generator mengcopikan ke webserver.
  • Adanya history file dan history genetare database, untuk traking jika ada kebobolan di webserver.

System diatas sebenarnya sudah dilakukan oleh KPU, cepet, hebat bandwith dan “aman”. Pendekatan Sistem semi online ini bisa dikembangkan untuk system gede yang diakses oleh banyak orang.

Banyak sistem yang bisa dikembang dengan pendekatan sistem semi online ini, transaksi dilakukan di siang hari, sedangkan singkronisasi data ke pusat dilakukan pada malam hari, bagus juga untuk sebuah perusahaan yang punya cabang yang banyak dan membutuhkan laporan di semua cabang. Tapi dengan resiko ada tenggang waktu yang dibutuhkan. Namanya juga semi online🙂

Filed under: Internet, Opinion, Web Application

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: